5 Hal Menarik dari Afghanistan, Lawan Indonesia di Semifinal

Sundulgol.com , Jakarta – Indonesia akan menghadapi Afghanistan di Laga Semifinal AFC U-20 Futsal Championship 2019 pada Kamis (20/6) di Arena Phoursarifi, Tabriz, Iran. Afghanistan sendiri merupakan nama baru di kancah futsal Asia.

Negara yang berada di Asia Tengah dengan kontur dataran tinggi ini baru beberapa tahun ini merintis futsal sebagai salah satu olahraga andalan. AFC U-20 Futsal Championship merupakan ajang pertama mereka di kancah Asia.

Baca juga : Kolombia Jadi Negara Pertama yang Lolos ke Perempatfinal Copa America 2019

Berikut beberapa fakta dari timnas futsal Afghanistan, calon lawan Indonesia di semifinal AFC U-20 Futsal Championship 2019.

  • Baru merintis futsal

Delapan tahun belakangan Afghanistan baru serius untuk merintis olahraga ini. Di piala Asia futsal, Afghanistan baru tiga kali ikut serta, itupun tak lolos kualifikasi pada 2010, 2016 dan 2018. Ajang AFC U-20 Futsal 2017 merupakan pembuktian Afghanistan dalam hal perkembangan futsalnya.

  • Kejutan pada Laga Perdana di Kancah Asia

Afghanistan lolos ke putaran final Asia pada edisi perdana AFC U-20 Futsal Championship 2017 lalu karena tak ada kualifikasi di ajang tersebut. Menghadapi lima tim di fase grup, Afghanistan jadi tim kejutan kala itu.

Baca Juga :  Ronaldo Dinilai Howard Tak Sehebat Roy Keane

Mereka sukses mengalahkan Malaysia, Bahrain dan Brunei dan mencetak 27 gol. Pemain andalan mereka yaitu Jawad Haidari bahkan mencetak 10 gol dan bersaing di perebutan gelar top skor kala itu. Sayang mereka tak mampu bersaing dengan Irak dan Thailand dan gagal lolos fase grup.

Baca juga : Romelu Lukaku boleh ke Inter Milan, Manchester United Minta Skriniar

  • Pengalaman di Liga Iran

Tabriz di Iran bukanlah arena baru bagi mayoritas pemain timnas futsal Afghanistan U-20. Mereka mengasah pengalaman dan keterampilannya dengan memperkuat beberapa tim di divisi utama dan kedua Liga Futsal Iran.

  • Postur Tubuh dan kemampuan Individu

Dari gaya bermain, Afghanistan sangat mengandalkan kemampuan individu para pemainnya. Naluri mencetak gol serta kemampuan mencari celah menjadi nilai plus bagi skuat asuhan Abdul Razaq Momrak. Selain itu postur tubuh mereka yang tinggi dan juga berisi menjadi nilai lainnya bagi Afghanistan yang menjadi senjata dalam duel bola satu lawan satu.

  • Mengalahkan Thailand si Raja Asean
Baca Juga :  Belum Dapat Klub Baru,Karier James Rodriguez di Persimpangan

Thailand digadang-gadang merupakan Raja di sepakbola dan futsal Asia Tenggara. Namun kali ini, mereka harus gugur di perempat final. Thailand yang menempati posisi pertama kualifikasi AFC U-20 Futsal 2019 harus takluk atas Afghanistan di perempat final selasa lalu lewat skor 3-2.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *