Alasan Kepindahan Rossi dari Honda ke Yamaha Pada 2004, Diungkap Sang Mekanik

Sundulgol – Jakarta, Musim depan Valentino Rossi akan pindah ke Petronas Yamaha SRT. Kepindahan Rossi itu sekaligus menandai berakhirnya kerjasama dengan Alex Briggs. Briggs merupakan salah satu orang yang berjasa di karier Rossi.

Mekanik Australia itu sudah menemani The Doctor saat dia debut pertama kali di kelas premier sejak tahun 2000. Briggs mengatakan momen terbaiknya selama 20 tahun bersama Rossi ialah di GP Afrika Selatan 2004. Rossi menang di hari itu, kemenangan pertama bersama tim barunya di Yamaha.

“Afrika Selatan 2004 adalah puncak dari segalanya,” kata Briggs pada Kamis (10/12/2020).

Bukan tanpa sebab Briggs terkesan dengan balapan saat itu. Karena di musim itu Rossi keluar sebagai juara dunia MotoGP keempat kali. Padahal baru pindah dari Honda.

Putusan kepindahan Rosi ke Yamaha

Putusan kepindahan Rossi ke Yamaha saat itu membuat heran banyak pihak. Sebab dia sudah tiga kali menjadi juara dunia bersama Honda, yaitu pada 2001, 2002 dan 2003.

Menurut Briggs, Saat itu Honda menilai pebalap adalah unsur kedua dari kemenangan. Karena menurut Honda, siapapun bisa menjadi juara jika memakai motor Honda.

Baca Juga :  Klub China Minta Sergio Ramos Secara Gratis

“Itu hal terburuk yang dapat Anda lakukan jika jadi pebalap, dengan mengatakan bahwa mereka tidak penting,” kata Briggs.

Saat Rossi pindah, Briggs mengatakan mengikuti Rossi sebab seluruh tim juga siap dengan perubahan baru, karena tim merasakan hal yang sama dengan Rossi.

Kepindahan Rossi

“Kami mulai sedikit frustrasi sebagai satu tim dengan Honda,” katanya.

“Ketika kami pertama kali gabung, mereka adalah tim di mana para insinyur serta mekanik semuanya menuju ke arah yang sama, tetapi seiring waktu itu berkembang jadi dua kelompok, insinyur dan kru,” katanya.

“Dia jelas merasakan hal itu juga sebagai pebalap. Anda telah membaca semua hal yang dia katakan tentang Honda, bahwa motornya sangat bagus dan itu tidak terlalu tergantung pada pebalapnya,” katanya.

Saat Rossi memutuskan pindah dari Honda, Briggs juga mengikutinya. Dia terus bersama Rossi sampai dia pindah ke Ducati dan kembali lagi ke pangkuan Yamaha sampai musim 2020.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *