Aldila Sutjiadi/Miyu Kato melenggang ke final WTA 250 Thailand Open

Petenis nasional Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil lolos ke final WTA 250 Thailand Open, setelah bersama pasangan ganda putrinya, Miyu Kato, memenangi pertandingan semifinal, Jumat.

Pasangan Aldila/Kato sempat tertinggal satu set dari lawannya sebelum kemudian mengalahkan pasangan Arina Rodionova/Yue Yuan, dengan skor 4-6, 6-2, 10-7, demikian catatan WTA.

Pada pertandingan final, pasangan Aldila/Kato akan bertemu pemenang pertandingan semifinal lainnya yang mempertemukan Kamilla Rakhimova/Yana Sizikova melawan Hanyu Guo/Jiang Xinyu.

Set pertama pertandingan itu berlangsung ketat, dengan kedua pasangan cukup produktif mendapatkan poin dari serve pertama mereka. Aldila/Kato mencatatkan 56,5 persen, sedangkan lawan mereka memiliki catatan yang lebih baik yakni 62,5 persen. Meski demikian pasangan Rodionova/Yuan mampu mengonversi 80 persen break point berbanding nol persen milik Aldila/Kato.

Pada set kedua, Aldila/Kato tampil lebih agresif, dengan catatan 81,3 persen poin dari serve pertama. Lawan mereka hanya berhasil mencatatkan 50 persen.

Pasangan Aldila/Kato juga lebih mampu memanfaatkan break point dengan catatan 100 persen konversi berbanding nol persen.

Duet Indonesia/Jepang itu berhasil memastikan tempat di final setelah memenangi tie break. Mereka mencatatkan keberhasilan 100 persen poin dari serve kedua, meski kalah catatan poin serve pertama, yakni 42,9 persen berbanding 50 persen.

Thailand Open 2024 merupakan salah satu ajang persiapan Aldila menuju tur Timur Tengah pada Februari. Di sana ia akan tampil bersama Kato di WTA 500 Abu Dhabi, WTA 1000 Doha, dan diakhiri dengan WTA 1000 Dubai.

AGBl