Andhika Handball di Laga Bali United vs Persija, Kok Tak Penalti? Ini Aturannya

Bali United melawan Persija pada pekan perdana Liga 1 2022/23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Sabtu (23/7). Ada kontroversi handball yang melibatkan pemain tuan rumah, I Made Andhika Wijaya.

Kontroversi itu terjadi di menit 20. Salah seorang pemain ‘Macan Kemayoran’ melepas umpan silang lambung di kotak penalti, bola kena tangan Andhika Wijaya. Namun, wasit tidak menunjuk titik putih.

Para pemain Persija memprotes, pemain Bali United juga tersulut emosi. Wasit Fariq Hitaba tetap pada keputusannya.

Lantas sebenarnya, apakah handball itu semestinya pelanggaran atau bukan?

Perkara handball dalam sepak bola diatur dalam Pasal 12 Laws of the Game yang dirilis IFAB. Untuk keperluan penentuan pelanggaran handball, itu adalah batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak.

Tidak setiap sentuhan tangan/lengan pemain dengan bola merupakan pelanggaran. Handball dianggap pelanggaran jika seorang pemain:

  • Sengaja menyentuh bola dengan tangan/lengan, misalnya menggerakkan tangan/lengan ke arah bola.

  • Menyentuh bola dengan tangan/lengan mereka ketika itu membuat tubuh mereka lebih besar secara tidak wajar. Seorang pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan akibat dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu. Dengan menempatkan tangan/lengannya pada posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengannya terkena bola dan dihukum.

  • Mencetak gol ke gawang lawan:

    • Langsung dari tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja, termasuk oleh kiper atau;

    • Segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja.

    Sebenarnya, jika mencermati insiden yang terjadi, Andhika mengangkat tangan kanannya saat pandangannya melihat pemain Persija melepas umpan. Ia bisa dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar untuk menghalangi aliran bola. Jadi, berdasarkan hal di atas, semestinya wasit menunjuk titik putih.

Baca Juga :  Paris Saint Germain Diantara Dua Pilihan Pogba Atau Messi.