Basket SEA Games 2019: Filipina Masih yang Terbaik di Asia Tenggara

SundulGol.com, Jakarta Partai perebutan medali emas basket 5v5 SEA Games 2019 mempertemukan tuan rumah, Filipina dan Thailand, Selasa, 10 Desember 2019. Filipina kembali menunjukkan penampilan seperti gim-gim sebelumnya. Mereka terlambat panas dan baru mulai tancap gas di kuarter tiga. Di kuarter tiga kali ini, mereka mengulang pencapaian saat melawan Indonesia dengan melesakkan tujuh tripoin. Secara keseluruhan, Filipina mencetak 40 poin di kuarter tiga yang langsung membuyarkan asa Thailand. Filipina lantas menutup gim dengan skor telak 115-81.

Emas bukanlah hal baru untuk putra Filipina. Ini jadi emas ke-13 secara beruntun FIlipina dan ke-18 secara keseluruhan. Satu-satunya tim yang mampu merusak catatan Filipina di SEA Games adalah Malaysia. Malaysia meraih emas pada gelaran 1979 dan 1989.

Baca Juga : Clippers Tekuk Pacers, Paul George Bungkam Cemoohan

Tujuh pemain Filipina mencetak dua digit poin. June Mar Fajardo jadi yang paling subur di tim dengan dobel-dobel 17 poin dan 13 rebound selama 21 menit dari 5/9 tembakan. Christian Standhardinger menyusul juga dengan dobel-dobel 16 poin dan 11 rebound. Pemain paling senior dalam tim, L.A. Tenorio tak mau ketinggalan. Ia mengemas 16 poin hanya selama 18 menit di lapangan.

Penembak jitu Filipina, Matthew Wright, mencetak 14 poin dengan 12 di antaranya datang dari tipoin. Vic Manuel juga menambahkan 14 poin meski turun dari bangku cadangan. Stanley Pringle memasukkan 6/10 tembakannya untuk menghasilkan 13 poin sementara pemain paling muda di tim, Kiever Ravena, menutup daftar dengan 10 poin dari 4/5 tembakan.

Baca Juga : Basket SEA Games 2019: Kalah dari Filipina, Indonesia & Vietnam Berebut Perunggu

Top skor di gim ini sendiri adalah pemain Thailand, Tyler Lamb. Lamb terlihat soerang diri memimpin Thailand menjaga asa sepanjang gim. Bermain selama 32 menit, Lamb mengemas 33 poin, 8 rebound, 6 asis, 2 steal, dan 1 blok. Ia memasukkan 11/25 tembakan dan hanya membuat empat turnover. Di luar Lamb, Chanatip Jakrawan jadi satu-satunya pemain yang menyentuh dua digit poin dengan 15 poin dan 8 rebound dari 6/10 tembakan.

Dengan ini, berakhir sudah semua gelaran basket di SEA Games 2019. Di nomor putra, Filipina meraih emas, Thailand perak, sementara Vietnam membawa pulang perunggu. Di nomor putri, Filipina kembali meraih emas, Thailand pun juga bawa pulang perak, sementara perunggu kali ini diraih oleh Indonesia.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *