Breaking News : Sir Jim Ratcliffe Resmi Beli 25% Saham Man Utd

Transaksi bisnis itu akhirnya terjadi. Manchester United umumkan sudah setuju melepaskan 25% sahamnya ke investor baru, Sir Jim Ratcliffe.

Informasi ini mengakhiri gonjang-ganjing penjualan Manchester United. Pada November tahun kemarin, Keluarga Glazer sebagai pemilik mengatakan tujuannya untuk menjual atau cari investor baru.

Awalnya Sheikh Jassim dari Qatar ajukan penawaran fenomenal untuk mengambil alih penuh kepemilikan. Tetapi Keluarga Glazer cenderung lebih memilih terima proposal dari Sir Jim Ratcliffe, yang berarti melepaskan ‘hanya’ 25% saham klub.

Sir Jim Ratcliffe, bos perusahaan kimia Ineos dan asli dari Greater Manchester, keluarkan 1,25 miliar pounds untuk porsi itu. Dia juga akan menyediakan sekitaran 236 juta paun untuk investasi ke stadion Old Trafford.

Sebagai imbal baliknya, Sir Jim Ratcliffe melalui grup Ineos-nya akan mengambil alih kendali operasi klub. Transaksi bisnis ini akan butuh waktu untuk selesai, tetapi klub berharap dapat tuntas secepat-cepatnya.

“Sementara sukses komersial dari klub sudah memastikan selalu ada dana tersedia untuk memenangkan trofi-trofi di level paling tinggi, potensinya belum seutuhnya terbuka akhir-akhir ini,” ungkapkan pengakuan Sir Jim Ratcliffe di website sah club.

“Kami akan datangkan pengetahuan global, pakar, dan talenta dari grup Ineos Sport yang lebih luas untuk membantu menggerakkan perkembangan lebih jauh di klub, sekaligus menyediakan dana yang memungkinkan investasi masa datang di Old Trafford.”

Manchester United kesulitan semenjak ditinggal Sir Alex Ferguson, figur yang praktis menggendong klub sampai 2013. Mereka belum pernah juara Premier League lagi semenjak kepergiannya.

Musim ini perform MU mengalami lagi kemerosotan sesudah finish 4 besar dan memenangkan Piala Liga Inggris pada 2022/2023 kemarin. Masuknya Sir Jim Ratcliffe juga dapat membuat masa depan Erik ten Hag sebagai manager dievaluasi secara berbeda.

AGBl