Jakarta, Final Piala Dunia 2022 telah selesai digelar pada 18 Des 2022, hari Minggu malam, bertempat di Lusail Stadium.  Duel kedua tim finalis ini cukup dramatis dan merupakan salah satu laga final terbaik sepanjang ajang Piala Dunia.

Argentina berhasil merebut Trophy Piala Dunia 2022 setelah menundukkan Prancis, melalui adu Penalti, 3-3 (pen: 4-2).

Predikat Laga Final Terbaik

Argentina memimpin dengan 2 gol yang tercipta pada babak pertama, yakni oleh Lionel Messi pada menit ke-23 melalui titik putih, serta Angel Di Maria pada menit ke-36.

Lionel messi

Prancis kemudia mulai bangkit mengejar ketinggalan setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-80, yang kemudian di susul gol kedua satu menit kemudian. Yang dicetak oleh Kylian Mbappe.

Dan pada menit ke 90+4, saat Prancis yang gagal lakukan serangan. Yang kemudian Argentina juga gagal melancarkan serangan balasan karena bola keluar lapangan. Laga tidak langung dilanjutkan, karena wasit berlari menuju pinggir lapangan tempat banch Prancis. Dan berikan kartu kuning kepada Oliver Giround yang memprotes dari pinggir lapangan.

Pada babak Extra time, Argentina sempat unggul melalui gol Messi pada menit ke-108. Yang kemudian dibalas oleh gol hat-trick Mbappe pada menit ke-118. Gol Tersebut membawa Kylian Mbappe meraih piala sepatu emas, sebagai pencetak gol terbanyak pada ajang Piala Dunia 2022, serta membawa kedua tim harus melanjutkan ke babak adu penalti.

Pemain Terbail Piala Dunia 2022

Argentina keluar sebagai pemanang pada adu penalti dengan skor 4-2. Dan berhasil mengangkat Trophy Piala Dunia setelah menunggu selama 36 tahun. Dan pada laga final ini juga membawa Lionel Messi meraih Piala Golden Ball (Bola Emas), yang sepanjang karirnya selalu gagal dimenangkannya.