Valentino Rossi Satu-satunya Pembalap MotoGP 2020 yang Pernah Rasakan Balap GP500

Sundulgol – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Valentino Rossi saat ini menjadi satu-satunya rider yang pernah merasakan ganasnya membalap dengan motor GP500. Hal ini wajar karena Valentino Rossi adalah pembalap paling senior di gelaran MotoGP 2020.

Sementara pembalap MotoGP 2020 lainnya tidak sempat merasakan kelas premier ketika masih berformat 500 cc dan bermesin 2-tak.

Valentino Rossi pertama mkali membalap di kelas GP500 musim 2000, menggunakan NSR500.

Dilansir di situs Motorplus-online, setelah naik kelas dari GP250 Valentino Rossi langsung menjadi runner-up di belakang Kenny Roberts, Jr yang memakai Suzuki RGV500.

Saat itu usia Valentino Rossi masih 21 tahun dan menjadi pembalap rookie yang fenomenal.

Musim selanjutnya, Valentino Rossi meraih juara dunia kelas premier dan melengkapi koleksi juara dunia di tiga kelas balap motor paling bergengsi di dunia, juara GP125, GP250 dan GP500.

Musim selanjutnya, Valentino Rossi meraih juara dunia kelas premier dan melengkapi koleksi juara dunia di tiga kelas balap motor paling bergengsi di dunia, juara GP125, GP250 dan GP500.

Selain itu, Valentino Rossi merupakan juara dunia GP500 2-tak terakhir (2001).

Setahun kemudian kelas premier berubah format menjadi MotoGP 990 cc 4-tak dan juga menjadi juara dunia musim perdana.

Baca Juga :  Jadwal MotoGP : Valentino Rossi Kandidat Kuat Juara di Jerez
GP500

Bagi Valentino Rossi, menggunakan Honda NSR500 atau Honda RCV211V tidak masalah, bahkan menghasilkan juara dunia dari kedua motor tersebut.

Salah satu rekor yang paling sulit dipecahkan di kelas premier MotoGP adalah rekor juara termuda. Ketika MotoGP atau pada waktu itu kelas 500 cc digelar pertama kali pada 1949, juaranya adalah pembalap Inggris Leslie Graham.

Leslie Graham menjuarai musim perdana MotoGP pada umur yang dapat dikatakan tua, yakni 37 tahun.

Seiring berjalannya waktu, rekor juara termuda di MotoGP ini dipecahkan beberapa kali. Namun, sampai saat ini belum ada pembalap yang bisa menjuarai MotoGP dengan umur di bawah 20 tahun.

Dorna selaku penyelenggara MotoGP memberi batasan umur minimal 18 tahun agar seorang pembalap bisa berkompetisi di kelas premier ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *