FIFA Akan Bantu Klub yang Terancam Bangkrut karena Pandemi Corona Covid-19

Sundulgol – Zurich, FIFA berencana memakai inisiatif ‘Marsekal Sepak Bola’, yang dibentuk agar bisa membantu sejumlah klub yang mengalami kesulitan finansial karena terdampak pandemi corona Covid-19.

Induk organisasi sepak bola dunia ini berpotensi memberikan USD2,7 miliar untuk klub-klub sepak bola yang terancam bangkrut. Uang itu akan diambil dari dana simpanan FIFA.

FIFA membantu tim untuk memetakan masalah yang muncul akibat penundaan kompetisi sepak bola setelah pandemi virus corona Covid-19 yang belum terkendali. Bagaimana pola penyaluran dana untuk klub-klub terdampak tegah digodok.

Juru bicara FIFA menjelaskan, pihaknya menyadari terdapat ancaman finansial serius untuk klub-klub sepak bola dunia akibat pandemi corona Covid-19, yang penyebarannya terus meluas.

“Hal ini mengancam bakal merusak kemampuan para anggota FIFA dan berbagai organisasi sepak bola seperti liga dan klub untuk mengembangkan, membiayai dan menjalankan aktivitas sepak bola mereka di semua level, baik profesional, amatir, pembinaan maupun akar rumput,” kata juru bicara FIFA, seperti dilansir situs mereka.

“Bisa diprediksi di banyak belahan dunia mereka yang terlibat dalam sepak bola putra maupun putri akan terjebak dalam kesulitan ekonomi kritis,” terangnya.

Baca Juga :  PSG Ingin Datangkan Bintang Barcelona Philippe Coutinho

FIFA memiliki kondisi finansial yang cukup sehat dan faktor ini yang membuat mereka berinisiatif membantu klub-klub yang terancam bangkrut karena terdampak pandemi corona Covid-19.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sebelumnya juga pernah menyatakan saat berkampanye dalam pemilihan presiden FIFA pada 2016 bahwa uang FIFA merupakan uang para anggota, bukan milik presiden FIFA.

pademi corona

Penangguhan kompetisi memang membuat pemasukan untuk klub-klub jauh berkurang. Tiket penonton pertandingan, hak siar televisi, hingga penjualan merchandise di toko-toko yang biasanya menjadi sumber pendapat klub, kini untuk sementara tidak ada.

Donasi untuk WHO

Presiden FIFA, Gianni Infantino, juga berencana agar induk organisasi sepak bola dunia itu mendonasikan dana sebesar USD 10 juta atau setara Rp150 miliar kepada WHO untuk memerangi pandemi virus corona Covid-19.

Menurut Infantino, dana solidaritas itu diharapkan bermanfaat bagi WHO dalam meredam penyebaran virus corona Covid-19. Seperti diketahui, virus ini belum ditemukan obat dan vaksinnya sampai hari ini (18/3/2020).

Infantino menyampaikan usul tersebut dalam rapat telekonferensi bersama sejumlah pejabat FIFA lainnya. Dia ingin FIFA ambil bagian dalam mendukung memerangi pandemi virus corona Covid-19.

Baca Juga :  Gagal Bersinar di MU, Adnan Januzaj Salahkan Louis van Gaal

“Saya mengusulkan FIFA memberikan kontribusi langsung 10 juta dolar AS ke Dana Solidaritas COVID-19 WHO, sebagai bentuk solidaritas proaktif untuk tindakan khusus melawan krisis virus corona,” ujar Infantino dalam pernyataannya di situs resmi FIFA.

Infantino juga akan mengusulkan dibentuknya Dana Bantuan Sepak Bola Global untuk membantu negara-negara anggota FIFA yang keberlangsungan sepak bolanya terdampak oleh COVID-19.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *