Pandemi Covid-19 Pengaruhi Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Doha, ibu kota Qatar pada tahun ini, 2022, makin dikenal oleh khalayak pecinta sepak bola. Pasalnya, pada 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022, Doha menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Namun begitu, sebelum tiba pada hari Piala Dunia, ada jadwal yang membuat nama Doha makin dikenal juga. Doha, pada Senin (13/6/2022) menjadi tuan rumah pertemuan Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB). Salah satu tugas IFAB adalah meresmikan peraturan baru pertandingan sepak bola yang berlaku di seluruh dunia.

“Doha akan menjadi tuan rumah pertemuan IFAB,” kata pernyataan pemerintah Qatar. Salah satu bab pembahasan pada pertemuan itu adalah peraturan baru pergantian pemain untuk laga resmi 2 x 45 menit. Sebelumnya, peraturan lawas menyebut hanya ada tiga kali pergantian pemain. Peraturan baru kemudian mengemuka setelah pandemi Covid-19 melanda dunia sejak dua tahun silam.  Usulan pergantian lima pemain pada peraturan lama perlahan-lahan mulai berjalan. Menurut rencana, di Doha, beleid paling gres, pergantian lima pemain itu akan resmi dituliskan sebagai peraturan laga sepak bola di seluruh dunia.

Baca Juga :  Ketua Penyelenggara Bantah Batalkan Perhelatan Olimpiade Tokyo

Sementara itu, agenda kedua yang mengemuka adalah penggunaan teknologi semiotomatis dalam penentuan posisi off-side. “Ini juga menjadi agenda IFAB,” tutur pernyataan IFAB. Kemungkinan besar juga, teknologi terbaru off-side itu bakal digunakan pada Piala Dunia 2022. Data menunjukkan pergantian lima pemain terwujud di Premier League pada Mei 2020. Federasi internasional sepak bola, FIFA, yang mengumandangkan peraturan itu.

Sementara, opsi pergantian enam pemain, menurut IFAB bisa dijalankan bila pertandingan melampaui waktu normal 2 x 45 menit. “Pergantian menjadi enam pemain bisa dilaksanakan di laga tambahan waktu (extra time),” kata IFAB. IFAB menyebut bahwa peraturan pergantian terbaru resmi terlaksana per 1 Juli 2022. IFAB berdiri pada 1886 sebagai penjaga dari peraturan pertandingan sepak bola dunia.

IFAB, salah satunya, bekerja untuk memasukkan teknologi digital video bantuan untuk wasit (VAR). VAR sudah melalui proses tes sejak dua tahun lalu. Teknologi ini membuat wasit bisa mengambil keputusan atas keraguan ada tidaknya pelanggaran di lapangan saat pertandingan. VAR resmi digunakan pada Piala Dunia 2018 Rusia.

Mungkin Anda Menyukai