Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia Hingga Akhir 2020 setelah Piala AFF Ditunda

Sundulgol –Jakarta, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan tampil dalam Piala AFF pada tahun ini setelah Sub-Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) memastikan kejuaraan sepak bola Asia Tenggara (Piala AFF) itu ditunda pelaksanaannya yang semula pada November hingga Desember 2020 menjadi kemungkinan pada April 2020.

Penundaan pelaksanaan Piala AFF 2020 hingga ke April 2021 mengubah skema agenda Timnas Indonesia pada sisa tahun ini. Untuk level senior, Timnas Indonesia hanya tinggal menghadapi tiga pertandingan tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Pelaksanaan tiga pertandingan terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia seharusnya digelar pada awal hingga pertengahan 2020. Namun, pandemi COVID-19 di seluruh dunia membuat ketiga pertandingan tersisa yang dijalani Timnas Indonesia harus mundur ke kuarter keempat 2020.

Timnas Indonesia akan bertandang ke Bangkok dan menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala pada 8 Oktober 2020. Ini akan menjadi pertandingan pertama Shin Tae-yong setelah menangani Tim Garuda.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan menjalani laga kandang terakhir mereka di fase kualifikasi ini. Tim Garuda bakal menjamu Uni Emirat Arab, yang pada pertemuan pertama kedua tim di Dubai berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Laga ini akan digelar pada 13 Oktober 2020.

Terakhir, Timnas Indonesia bertandang ke Vietnam untuk menjalani laga pamungkas mereka di kualifikasi ini pada 12 November 2020. Tentunya tiga pertandingan ini cukup berat bagi Tim Garuda yang hingga kini berada di dasar klasemen dengan tanpa satu poin pun.

Piala AFF

Jangan Lupakan Piala AFC U-19

Pada sela-sela kesibukan Timnas Indonesia beraksi di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, adik-adik mereka di Timnas Indonesia U-19 bakal beraksi di Piala AFC U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober. Inilah yang akan membuat Shin Tae-yong bakal lebih sibuk.

Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu juga harus menangani Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia memang menjadi tuan rumah. Mau tidak mau, Shin Tae-yong yang dipercaya menangani tim Garuda Muda itu juga harus berbagi fokus.

Itulah yang membuat pada Agustus ini Shin Tae-yong langsung menggelar pemusatan latihan untuk kedua tim nasional, baik senior maupun U-19. Setelah menangani tim senior berlaga menghadapi Thailand dan Uni Emirat Arab, Shin Tae-yong harus fokus dulu dengan Timnas Indonesia U-19 sebelum mempersiapkan tim senior menjalani laga terakhir kontra Vietnam.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A Piala AFC U-19 2020 bersama tim tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Meski sudah dipastikan memiliki tempat di Piala Dunia U-20 2021 sebagai tuan rumah, tapi ajang ini bakal menjadi tolok ukur yang penting bagi persiapan Tim Garuda Muda menuju kejuaraan dunia pada tahun depan.

Timnas Indonesia U-19 akan tampil dalam laga pembuka Piala AFC U-19 2020 dengan menghadapi Kamboja di Stadion Bunyodkor, Tashkent, Uzbekistan, pada 14 Oktober 2020. Setelah itu, Iran akan menjadi lawan kedua yang digelar pada 17 Oktober.

Tim tuan rumah Uzbekistan bakal menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia U-19 di Grup A Piala AFC U-19 2020. Kedua tim bakal bertanding di stadion yang sama pada 20 Oktober 2020.

 

Baca Juga :  Harry Maguire tidak memiliki rahasia, hanya terus bermain dan keberuntungan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *