Soal Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 dan Pembatalan Piala Dunia U-20

Sundulgol – Jakarta, Berita tentang lokasi pemusatan latihan Timnas U-19 dan pembatalan Piala Dunia U-20, sedang panas minggu ini. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, terus meminta PSSI. Setelah pemusatan latihan di Prancis pada Desember 2020-Januari 2021 batal, PSSI masih merumuskan lokasi pengganti. Belanda dan Jepang disebut-sebut sebagai kandidat tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Namun, Shin Tae-yong berharap PSSI juga mempertimbangkan Korea Selatan sebagai lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Dia juga menggaransi tim berjulukan Garuda Muda ini akan menghadapi lawan uji coba yang berkualitas di Negeri Ginseng.

“Saya akan mengasah keterampilan para pemain Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan,” kata Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Khan.

Shin Tae-yong bukan sekali ini saja meminta PSSI untuk menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan. Sebelumnya, ia mengajukan nama Negeri Ginseng sebelum PSSI memilih Kroasia sebagai tempat menimba ilmu Garuda Muda pada Agustus-Oktober 2020.

Kendaladi Korea Selatan

Adapun, kecil kemungkinan Timnas Indonesia U-19 berlatih di Korea Selatan. Pasalnya, negara tersebut memberlakukan karantina selama 14 hari untuk kedatangan dari luar negeri.

Baca Juga :  Hasil Lengkap Piala FA: Manchester City Gulung Burnley

PSSI jelas menganggap peraturan itu terlalu membuang-buang waktu. Makanya, keinginan Shin Tae-yong belum dipenuhi hingga saat ini.

Sekarang, Shin Tae-yong telah berada di Korea Selatan sejak 1 November 2020. Belum diketahui kapan eks pelatih Timnas Korea Selatan ini akan kembali ke Indonesia.

Pembatalan Piala Dunia U-20 2021

Sementara itu, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sudah mendengar rumor penundaan hingga pembatalan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu menanggapinya dengan santai mengingat belum ada pemberitahuan apa pun dari FIFA.

Beredar kabar bahwa PD U-20 2021 tidak jadi digelar pada tahun depan. Pasalnya, AFC tidak mencantumkan turnamen ini ke kalender kompetisi untuk 2021.

“Sampai sekarang, kami belum mendengar pengumuman dari FIFA kalau PD U-20 2021 itu diundur atau dibatalkan,” kata Iwan Bule dalam virtual conference Indonesia Youth Football Development bertajuk Mendesain Prestasi untuk Go International di YouTube Kemenpora RI, Rabu (4/11/2020).

“Memang rumornya sudah kami dengar. Namun, sampai sekarang PSSI belum menerima informasi soal kebenaran itu. Jadi Piala Dunia U-20 2021 masih digelar sesuai jadwal,” jelas Iwan Bule.

Baca Juga :  Demi 4 Besar, Milan Tak Perlu Terinspirasi Comeback Liverpool dan Spurs

Piala Dunia U-20

Agenda Piala Dunia U-20 2021 menghilang dari kalender kompetisi AFC untuk 2021 yang diperbarui pada 25 September 2020. Selain itu, jadwal baru untuk Piala AFC U-19 2020 juga tidak ditemukan dalam daftar tersebut.

Piala Dunia U-20 2021 rencananya akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021. Untuk Piala AFC U-19 2020, Iwan Bule sempat mengklaim turnamen itu bakal dihelat pada Februari 2021.

“Kami masih mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021, terutama untuk prestasi Timnas Indonesia U-19. Tentunya ini menjadi momen yang langka dan luar biasa. Setiap negara yang menjadi tuan rumah sudah pasti akan mengangkat persepakbolaan di mata dunia,” imbuh Iwan Bule.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *