Posisi Timnas Indonesia di Peringkat Ranking FIFA, Pernah Tembus 86

Sundulgol – Jakarta, FIFA secara berkala mengeluarkan peringkat negara-negara anggota. Ranking FIFA merupakan acuan untuk mengukur level tim nasional dalam suatu negara, termasuk Posisi Timnas Indonesia.

Ranking FIFA dianggap sebagai sesuatu yang penting. Semakin tinggi ranking yang mampu diraih sebuah tim nasional, maka level permainannya dianggap lebih baik.

Poin suatu timnas dalam ranking FIFA dasarnya bisa dihitung dengan rumus sederhana dengan metode ELO. Rumusan ini sudah digunakan FIFA dalam dua tahun terakhir.

Formula terbaru berdasarkan perhitungan ELO, meliputi P = Pbefore + I * ( W – We ). P merupakan jumlah poin, Pbefore merupakan jumlah poin sebelum pertandingan, I merupakan bobot pertandingan, W adalah hasil pertandingan dan We merupakan hasil pertandingan yang diharapkan.

Untuk perhitungan W dikerucutkan menjadi menang meraih 1 poin, imbang meraih 0,5 poin, dan kalah 0 poin. Adapun perhitungan I didapat dari bobot jenis pertandingan.

Misalnya paling rendah adalah 5 poin yang bisa didapat dari laga uji coba di luar kalender internasional. Paling tertinggi adalah 60 poin yang didapat jika mampu tampil di perempat hingga final Piala Dunia.

Perhitungan We didapat hasil pertandingan 1/10( -dr /600) + 1). dr merupakan selisih peringkat dari dua tim yang bertanding. Timnas Indonesia belum lagi mendapatkan tambahan poin karena terakhir kali bertanding pada November 2019 di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Lantas seperti apa rekam jejak Timnas Indonesia di ranking FIFA? Indonesia sempat mencapai posisi tertinggi yakni 80-an dan saat ini hanya sejajar dengan Kamboja.

Memori 1998 dan 2001

Baca Juga :  Transfer Mauro Icardi, Ancelotti: Milik Lebih Lengkap

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *