Andrew Duncan Selaku Produser Film Beli 300 Tiket NBA untuk Aktivis Prodemokrasi Cina

SundulGol.com, SurabayaBrooklyn Nets akan berhadapan Toronto Raptors dalam pertandingan terakhir di laga pramusim 2019. Saat itu juga, Andrew selaku produser film melakukan sebuah langkah berani. Ia membeli 300 tiket pertandingan untuk para aktivis prodemokrasi Cina.

Ratusan aktivis kemudian hadir di Barclays Cneter, Brooklyn Nets, New York, Amerika Serikat, Jumat 18 Oktober 2019. Mereka menggunakan kaos hitam yang bertuliskan “Stand With Hong Kong”. Beberapa di antarnya melengkapi dengan penutup wajah seperti masker. Persis seperti demonstrasi yang terjadi di Hong Kong belakangan ini.

Baca Juga : Mengejutkan ! Tim Terkuat Liga 1 2019 di Bantai Borneo FC Enam Gol Tanpa Balas

Langkah Ducan dalam membeli tiket sebanyak 300 itu ditengarai oleh sikap Joseph Tsai. Pemiliki Brooklyn Nets sempat menyesalkan cuitan Manager Umum Houston Rockets Daryl Morey karena berpihak pada demonstrasi prodemokrasi di Hong Kong. Tsai bahkan menulis surat terbuka kepada penggemar untuk menjelaskan sejarah Negeri Tirai Bambu. Surat itu sekaligus membuatnya cenderung menegaskan posisi sebagai pendukung pemerintah Cina dari pada demonstrasi di Hong Kong.

Baca Juga :  UEFA Batasi Tiket Final Liga Europa untuk Fans Chelsea dan Arsenal

Ducan lalu memberi respon dengan mengundang aktivis prodemokrasi untuk datang ke markas Nets. Ia membeli 300 tiket agar mereka bisa unjuk diri di hadapan pemilik klub. Satu tiket bisa mencapai AS$100. Itu artinya, Duncan menghabiskan banyak uang untuk sebuah satire.

Masalah cuitan Morey itu sendiri kini sudah melebar ke mana-mana. Hubungan NBA dan Cina jadi buruk. Beberapa sponsor menarik diri untuk membiayai kegiatan. Pemerintah Cina kabarnya juga meminta Morey dipecat. Namun, segera menepis isu itu setelah banyak beredar di media.

Baca Juga : David Luiz Meyakini Arsenal Mampu Juara Premier League

Sementara itu, dalam situasi yang buruk, NBA tidak banyak bergerak. Mereka cukup galau menentukan posisi karena masalah itu melibatkan banyak pihak, terutama sponsor. Chief Communications Officer Mike Bass sempat menyesalkan cuitan Morey lewat surat resmi karena menyebabkan masalah. Namun, hal itu menuai sejumlah kritikan. Sebab, selama ini, NBA selalu hormat pada kebebasan berpendapat. Komisioner Adam Silver kemudian merespon itu dengan mengatakan pihaknya tidak akan mengatur pemain, karyawan, dan pemilik tentang masalah Cina.

Baca Juga :  Manchester United Sepakat Beli Harry Maguire 80 Juta Poundsterling

Kini Hubungan NBA dan Cina semakin buruk dan masih terus bergejolak. Langkah Ducan dalam mengundang aktivis prodemokrasi membuat suasana semakin gejolak Setelah ini, langkah-langkah yang sama bisa saja terjadi. Karena Tsai, nama Nets terpaksa tertarik arus dalam pusaran amuk geopolitik Cina.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *